Rabu, 07 November 2012

PEGUNUNGAN KAPUR UTARA

Pegunungan Kapur Utara adalah salah satu pegunungan kapur yang membentang dari pesisir utara Pulau Jawa mulai dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah hingga Lamongan Jawa Timur. Sebagian orang menyebut Pegunungan Kendeng Utara karana letaknya yang sejajar dengan Pegunungan Kendeng yang membujur di selatannnya. Wilayah Pegunungan Kendeng Utara memanjang dari barat ke timur yang meliputi Kabupaten Pati bagian selatan, Kabupaten Grobogan bagian utara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Bojonegoro bagian utara dan Kabupaten Lamongan. Lebar rangkaian pegunungan ini sekitar 30-50 km dengan ketinggian kurang dari 800 meter dari permukaan laut.(http://wapedia.mobil/id/Pegunungan_Kapur_Utara)

 Untuk melihat Pegunungan Kapur Utara secara mudah dengan mata telanjang, apabila pembaca bepergian dari Rembang ke Juwana atau dari Juwana ke Pati di kejauhan di sebelah selatan terdapat warna biru yang menjulang ke langit dan memanjang tidak ada putusnya nah itu sebagian dari Pegunungan Kapur Utara atau Pegunungan Kendeng Utara. Pegunungan tersebut dapat terlihat lebih jelas dari jalan raya arah Pati ke Purwadadi, setelah Jembatan Tanjang ke arah selatan pegunungan tersebut tampak jelas di arah kejauhan di depan pembaca. Lebih jauh sumber tersebut menjelaskan bahwa Pegunungan Kapur Utara merupakan kawasan karst atau batu gamping. Wilayah ini permukaannya kurang akan air akibat sifat batuan kapur (kawasan karst) yang mudah larut oleh air hujan. Kawasan ini mempunyai banyak sekali rekahan atau lubang yang sebagian dikenal dengan goa-goa alam.

Karena banyak rekahan dan lorong lorong di dalam pegunungan tersebut banyak sekali sungai sungai dalam pegunungan. Sungai sungai tersebut mengeluarkan air sepanjang tahun yang digunakan untuk pengairan pertanian oleh penduduk sekitar Pegunungan Kendeng. Air tersebut selain digunakan untuk keperluan pertanian dan peterkanan, air yang keluar dari Pegunungan Kendeng digunakan untuk air untuk keperluan sehari hari.

Shobat jangan salah sangka, walau Pegunungan Kapur Utara merupakan pegunungan Kapur atau Gamping, tidaklah tandus seperti yang kita bayangkan. Sebagai bukti adalah ada Ratusan Mata Air Raksasa Pegunungan Kendeng. Bila para pembaca ingin mengetahui banyaknya mata air tersebut : Silakan Klik Disini
 (Ditulis Oleh P Damin, Guru Bahasa Inggris SMP N 1 Kayen)

0 komentar:

Posting Komentar